Telusuri Banjir Kedalaman 2,5 meter, Polsek Kelayang Evakuasi Warga Lansia Terjebak Banjir

Riau147 Dilihat

NEWRIAU.COM, RENGAT - Bencana banjir yang semakin meluas di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), tak menyurutkan semangat Polsek Kelayang Polres Indragiri Hulu (Inhu) membantu warga  yang terdanpak dan membawa bantuan sembako untuk masyarakat terdampak banjir.

Seperti yang dilakukan Kapolsek Kelayang Iptu Zulmaheri, SH, MH dan jajaran menelusuri banjir kedalaman 2,5 meter di Desa Polak Pisang Kecamatan Kelayang mengevakuasi warga lansia pada, Kamis 4 Januari 2024 malam.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Kelayang Iptu Zulmaheri, SH, MH Jumat 5 Januari 2024 pagi.

Menurutnya, saat ini, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Kelayang dan Rakit Kulim terutama desa-desa di pesisir sungai Indragiri, telah dilanda bencana banjir dengan ketinggian air mencapai 70 cm hingga 2,5 meter.

Pada Kamis malam, lanjut Iptu Zulmaheri, Polsek Kelayang mengevakuasi warga lansia bernama Dahliar Binti Ali (82), warga Dusun IV Desa Polak Pisang Kecamatan Kelayang yang terjebak banjir.

"Evakuasi dipimpin langsung Kapolsek Kelayang Iptu Zulmaheri, SH, MH bersama Bhabinkamtibmas Aipda Evan Herman, SH serta anggota lainya. Menggunakan perahu karet kita menelusuri arus banjir sejauh 2 km kesetiap rumah warga dengan ketinggian air 70 cm shingga 2,5 meter di Desa Polak Pisang Kecamatan Kelayang," ungkapnya.

Penelusuran kesetiap rumah warga yang terkena banjir ini untuk memastikan tidak ada warga yang masih berada dirumah, dan membantu evakuasi warga masyarakat yang membutuhkan, ujarnya.

Setelah dilakukan penyisiran ditemukan satu orang warga lansia (82) yang terjebak banjir, kemudian dievakuasi menggunakan perahu karet untuk dibawa ketempat yang aman dan selanjutnya dibawa menggunakan mobil patroli kerumah saudaranya.

Kapolsek Iptu Zulmaheri mengimbau pada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, karena sejumlah desa saat ini sedang dilanda musibah banjir akibat luapan  Sungai Indragiri.  ***

Editor: /Penulis: Asrul Hadi