Pemdes Kelayang Evakuasi Korban Banjir dan Sediakan Dapur Umum

Riau86 Dilihat

NEWRIAU.COM, RENGAT -  Pemerintahan Desa (Pemded) Kelayang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa minggu teeakhir dan meluapnya aliran sungai Indragiri.

Proses evakuasi warga yang masih berada dan terjebak di areal persawahan SK-4 Desa Kelayang cukup dramatis. Ini dilakukan oleh Kepala Desa Kelayang bersama aparat desa, BPD Desa Kelayang, dan masyarakat, Jumat 5 Januari 2024 pagi dengan terjangan arus air yang cukup deras, berjalan lancar. Sejumlah orang dan barang-barang dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Pj Kepala Desa Kelayang M Padillah  mengatakan, proses evakuasi warga dengan menggunakan perahu berjalan dengan lancar. Tentu adanya peran dari berbagai pihak seperti BPD dan masyarakat yang langsung tanggap terhadap bencana banjir.

“Kami langsung melakukan rapat darurat dan bergerak melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir yang masih berada di areal persawahan SK 4 Desa Kelayang menggunakan perahu untuk dibawa ketempat yang lebih aman. Setelah itu, para warga diminta untuk mengungsi terlebih dahulu sebab ketinggian air saat ini mencapai kurang lebih satu meter,” ucapnya.

Pj Kades M Padillah didampingi BPD menyebutkan, Pemerintah Desa Kelayang juga mendirikan dapur umum untuk warga yang terdampak banjir yang di prakarsai oleh Ketua Pemuda Desa Kelayang dan para ibu-ibu.

Ia berharap adanya bantuan dari berbagai pihak untuk keperluan warga yang terdanpak.

“Di Desa Kelayang, banjir melanda pemukiman warga di Dusun I, Dusun 2 dan Dusun 3 yang tergolong rendah dan berada di bibir sungai Imdragiri. Oleh karena itu, kami membangun dapur umum untuk penanggulangan korban banjir," sebutnya.

"Kami berharap adanya bantuan dari pihak-pihak terkait serta lainnya untuk keperluan dapur umum membantu warga yang terdanpak.” ujarnya.

Dirinya juga mengucapkan terimaksih kepada BPD, Ketua Pemuda, masyarakat dan pihak lainnya atas kepeduliannya dalam membantu warga terdanpak banjir.

Menurut data yang diperoleh dari sejumlah kepala desa, banjir kali ini melanda lima desa yang berada di wilayah Kecamatan Rakit Kulim. Diantaranya, Desa Kuantan Tenang, Desa Kampung Bunga, Desa Kelayang, Desa Lubuk Sitarak, Desa Batu Sawar dan Desa Petonggan. ***

Editor: /Penulis: Asrul Hadi