Pengamanan Ketat, 20 Kontainer Surat Suara Pemilu Tiba di Siak

Riau89 Dilihat

NEWRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 20 kontainer surat suara pemilu telah sampai di Pelabuhan Pelindo Perawang, Kabupaten Siak, pada Jumat 05 januari 2024. Surat suara ini diangkut oleh Kapal MV Maritus Karimata setelah sebelumnya bersandar di Pelabuhan Sei Pakning, Bengkalis.

Surat suara pemilu ini diproduksi di Klaten, Jawa Tengah, dan selanjutnya diangkut ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Dari sana, surat suara diangkut menggunakan kapal menuju Riau dan bersandar di Sei Pakning pada Kamis 04 Januari 2024.

Surat suara ini diperuntukkan untuk pemilihan DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Puluhan kontainer logistik tersebut akan didistribusikan ke gudang logistik KPUD di Riau.

"Hari ini, sejumlah 20 kontainer kurang lebih surat suara telah tiba," kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, yang didampingi oleh Direktur Intelijen dan Keamanan (Dirintelkam) Kombes Pol Efrizal.

Surat suara pemilu, untuk sementara waktu, telah ditempatkan di depo milik PT Pelindo, dan di sana akan dilakukan penyortiran.

"Kemungkinan besok pagi sesuai jadwal, KPU provinsi akan melepas kontainer-kontainer ini ke KPUD kota maupun kabupaten," ungkap Ronny.

Ronny menjelaskan bahwa surat suara yang tiba hari ini belum diperuntukkan untuk semua daerah. Ada rencana pengiriman tahap kedua yang diperkirakan terdiri dari 19 kontainer dan diharapkan tiba dalam waktu 4 hari ke depan.

"Untuk tahap keduanya nanti sekitar 19 kontainer. Tapi nanti kita coba komunikasi lagi, kira-kira setelah tahap pertama menuju tahap II, itu membutuhkan berapa hari dari sekarang," jelas Ronny.

Kedatangan surat suara diawasi ketat oleh ratusan personel bersenjata lengkap, termasuk anggota Satbrimob Polda Riau, Ditintelkam, Polres, dan Polsek Tualang. "Pengamanan hari ini kita libatkan sekitar 150 orang. Hampir semuanya dari Brimob. Juga ada dari Polres, Polsek, Lalu Lintas, dan dari Intel juga," tambah Ronny.

Pengamanan dan pengawalan juga akan dilakukan saat pendistribusian surat suara ke kabupaten/kota di Riau.

Sebelumnya, Kombes Pol Efrizal, Direktur Intelkam Polda Riau, mengungkapkan alokasi surat suara pemilu dari 20 kontainer yang tiba. Inhil mendapatkan 3 kontainer, Inhu 1 kontainer, Kampar 2 kontainer, Pekanbaru 4 kontainer, Kuansing 1 kontainer.

Selain itu, Pelalawan mendapatkan 1 kontainer, Rohil 2 kontainer, Rohul 2 kontainer, Siak 2 kontainer, dan Bengkalis 2 kontainer. Efrizal menyampaikan, Ada 2 kabupaten/kota yang belum mendapat logistik pemilu, yakni Dumai dan Kepulauan Meranti.***

Editor: /Penulis: