Gerakan Daerah Penyediaan Pangan, Gubri: Laksanakan Secara Serius

Riau88 Dilihat

NEWRIAU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut kerjasama upaya khusus gerakan daerah penyediaan pangan di Kantor Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Jumat 5 Januari 2024.

Rakor tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Korem 031/Wira Bima terkait upaya khusus gerakan daerah penyediaan pangan juga di hadiri Komandan Korem 031/Wira Bima dan Dinas Tanaman Pangan kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Saat memberikan arahan, Gubernur Riau mengatakan bahwa dirinya sengaja menyampaikan kepada Dinas Tanaman Pangan Provinsi Riau untuk melaksanakan rapat kembali setelah melakukan MoU atau kerjasama dalam mendukung bidang pertanian di Bumi Lancang Kuning, khususnya ketahanan pangan.

"Karena ini harus kita laksanakan secara serius, apalagi dilevel pusat telah melakukan MoU antara Kementerian Pertanian dan TNI bahkan hanya hitungan hari setelah pusat melaksanakan Provinsi Riau juga melaksanakan," kata Edy Nasution.

Orang nomor satu di Bumi Melayu Lancang Kuning itu mengungkapkan bahwa yang menjadi latar belakang dilakukan kerja sama antara pemerintah Provinsi Riau dengan Korem 031/Wira Bima adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan.

"Saat ini jumlah penduduk kita kurang lebih 6,7 juta jiwa sedangkan kemampuan secara internal menyiapkan ketahanan pangan hanya 25 persen dan itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun," ujarnya

"Dengan ketergantungan yang begitu besar terhadap daerah luar, harusnya menjadi pemikiran kita bersama untuk menyelesaikan persoalan ini agar kedepan khusus berkaitan dengan pangan tidak tergantung lagi dengan daerah lain," imbuhnya.

Mantan Komandan Korem 031/Wira Bima ini menjelaskan bahwa dinamika perkembangan kondisi ekonomi, keamanan global, dampak perubahan iklim dan isu lingkungan serta potensi lahan pertanian yang terbatas juga sangat mempengaruhi kondisi ketahanan pangan daerah.

"Maka dari itu, diperlukan upaya peningkatan produksi dan produktivitas pertanian melalui komitmen dan sinergi para pihak terkait, dalam rangka penyediaan pangan daerah," pungkasnya.

Gubri berharap setelah rapat koordinasi ini dilakukan kedepannya semua harus berjalan dan berpesan kepada rekan-rekan yang mewakili kabupaten kota untuk melaporkan kepada kepada daerahnya masing-masing.

"Kita harapkan apa yang kita lakukan ini nanti berhasil dan kalau bisa Riau akan menjadi alat ukur atau percontohan untuk daerah lain. Kalau sudah kita lakukan dengan main maka akan tepat sasaran," pungkasnya.

Saat Rapat Koordinasi, Gubernur Riau didampingi oleh Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Syahfalefi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Masrul Kasmy serta tamu undangan lainnya. ***

Editor: